22 April, 2009

Pembelajaran Di Luar Kelas

Anda pasti akan sedikit heran ketika memasuki lingkungan SMP Negeri 1 Gadingrejo akhir-akhir ini sebab ada papan-papan yang beruliskan nama pohon dalam bahasa Indonesia dan Latin yang menempel di pepohonan dan tanaman hias, untuk apa?
Sebenarnya belajar tidak harus di dalam kelas dan dibimbing oleh guru, atau membuka halaman demi halaman buku yang ada di perpustakaan, tetapi di lingkungan kita banyak sekali ilmu yang bisa kita pelajari dan salah satunya adalah pepohonan di lingkungan kita.
Banyak hal bisa kita ambil manfaatnya dari sebuah pohon, misal nama latinnya, asal usulnya, pembiakannya, hasil yang bisa dimanfaatkan untuk manusia dan sebagainya.
Untuk itu siswa-siswa mendapatkan kegiatan baru di lingkungan sekolah, yaitu ketika melewati pepohonan yang ada namanya tersebut diharapkan untuk mengingatnya, terutama nama latinnya dan diharapkan dapat diterapkan pada pembelajaran Sains, atau jika siswa-siswa ingin memiliki daftar nama-nama pohon asli Indonesia yang lengkap berikut nama Latinnya dapat di-download disini: Nama Pohon Asli Indonesia
Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar: